Cara Membuat Akun Google Baru - Edisi Pertengahan 2017




Cara Membuat Akun Google - Assalamu'alaikum, Minna-san.

Di post pertama Saya ini, saya mencoba untuk memberi cara membuat akun Google baru melalui browser internet PC atau notebook/laptop seperti Google Chrome, Firefox, Microsoft Edge dan sebagainya. Jujur, karena ini post pertama, harap maklum jika tulisan Saya seperti orang kaku. Gomennasai. :3

Kenapa membuat akun Google? Di era smartphone berbasis sistem operasi Android yang kian makin banyak digunakan karena kemudahan penggunaannya untuk keseharian menuntut untuk membuat akun Google untuk menikmati fitur dan produk-produk dari Google. Dengan memiliki akun Google, maka kita dapat menggunakan berbagai fitur dan produk-produk Google.

Membuat akun Google tidaklah sulit, mudah kok. Tetapi, bagi pemula mungkin masing bingung bagaimana cara membuat akun Google.

Tenang! Saya coba membantu bagaimana cara membuatnya.

Lalu, Apa Saja Manfaatnya jika Memiliki Akun Google?

Anda dapat membuat Blogger

Kini Blogger merupakan salah satu produk Google untuk membuat blog atau artikel internet. Anda bebas mengungkapkan ide-ide kreativitas, bakat atau kecintaan komunitas, hiburan, artikel, pendidikan, tutorial dan sebagainya untuk dapat dibagikan kepada orang lain yang membutuhkan motivasi atau ilmu yang mereka cari.

Selain itu, jika Blogger Anda besar dan banyak dikenal orang, Blog Anda dapat menghasilkan uang. Ya, dengan mendaftarkan Blogger Anda ke produk Google, AdSense, cukup menggunakan akun Google yang Anda buat ini.

Anda dapat membuat akun Youtube

Youtube ialah salah satu produk Google untuk mengunggah atau membagikan video konten buatan Anda sendiri untuk ditonton banyak orang di Youtube. Video yang dibuat dapat berupa hiburan, tutorial, vlog, review and/or unboxing produk dan sebagainya.

Jika Anda menjadi Youtubers (sebutan pengguna Youtube yang sukses dan besar) kreatif dan terkenal, Youtube Anda dapat menghasilkan uang. Ya, dengan mendaftarkan Youtube Creator Studio Anda ke produk Google, AdSense + Youtube, cukup menggunakan akun Google yang Anda buat ini.

Anda dapat menggunakan Play Store

Play Store ialah aplikasi toko aplikasi dan game smartphone berbasis sistem operasi Android.

Aplikasi yang disediakan beragam, dari aplikasi hiburan, pendidikan, kesehatan, produktif dan sebagainya dengan berbagai jenis game yang seru. Selain aplikasi dan game, kini Play Store juga menyediakan konten lainnya berupa e-book melalui Play Book dan film berbayar/sewa melalui Play Film.

Anda dapat menyimpan file Anda di Google Drive

Google Drive ialah penyimpanan file secara online yang tersimpan di server Google.

Anda dapat menyimpan atau mencadangkan (back up) file-file penting Anda di Google Drive.

Google Drive tersedia gratis dengan kapasitas 15 GB. Jika masih kurang, Anda dapat berlangganan per bulan untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan.

Anda memiliki email dengan Gmail

Email bukan hanya sebagai sarana untuk mengirim surat elektronik atau pun file, sekarang jika ingin mendaftar media sosial apapun seperti Facebook, Twitter, BBM, LINE dan sebagainya. Bahkan kini Gmail dengan produk Google Hangout, Anda dapat video call melalui email.

Dan masih banyak lagi fitur dan produk-produk Google lainnya.

Akun Google akan menjadi segalanya jika digunakan untuk menikmati produk-produk Google.

Apa yang Harus Disiapkan sebelum Membuat Akun Google?

  • Perangkat PC atau notebook/laptop. Jika ingin menggunakan handphone/smartphone, tampilan mungkin sedikit berbeda.
  • Siapkan identitas Anda, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Pelajar. Ini bukan seperti menyerahkan kartu identitas Anda langsung ke Google, tetapi data identitas yang tertera sebagai pendaftaran. Jika kamu masih di bawah umur, dapat menggunakan nama aslimu dengan data identitas orang tua. Di saat telah mencukupi umur, masih bisa diganti kok ke identitasmu jika sudah dibuat.
  • Nomor handphone yang masih aktif, wajib disiapkan dan diingat karena untuk verifikasi akun Google Anda setelah selesai mendaftar.
  • Koneksi internet.


Langkah-Langkah Membuat Akun Google

1. Buka browser Anda, terserah ingin menggunakan browser apa. Saran Saya menggunakan browser Google Chrome karena browser ini juga produk Google. :3

2. Buka link/alamat pendaftaran di https://accounts.google.com/SignUp atau langsung klik Sign Up.




Kedua gambar di atas ialah jika menggunakan cara ribet.


Tampilan form pendaftaran akun Google.

3. Isilah form pendaftaran akun Google sesuai data identitas Anda.
4. Penjelasan form:

Nama

Isi nama depan dan belakang Anda sesuai nama asli atau data identitas Anda, bukan milik orang lain. Jika Anda memiliki tiga atau lebih kata nama, seimbangkan di antara kolom Nama Depan dengan kolom Nama Belakang.

Pilih nama pengguna Anda

Tujuannya ialah menandakan bahwa itu adalah username/nama pengguna akun Anda. Buat username sesuai keinginan Anda dan harus diperhatikan dan dipikirkan baik-baik, karena username ini tidak dapat diganti lagi dan bersifat permanen.

Contohnya, bekasenpai100@gmail.com, xtender.010@gmail.com.

Username ini juga akan menjadi alamat email Anda. Username hanya menggunakan domain gmail.com (beda lagi dengan memesan khusus pada Google).

Ketentuan membuat username ialah harus memasukkan huruf kecil dengan angka dan tanda titik (.).

Anda juga dapat menggunakannya tanpa dengan tanda titik. Jika Anda selesai memasukkan username dan mengklik sembarang kolom, akan bertanda apakah username yang Anda ajukan pernah dipakai atau tidak memenuhi syarat. Jika tidak ada tulisan merah peringatan, berarti username Anda berhasil dibuat.


Menentukan username. Gambar di atas adalah username yang tidak sesuai ketentuan Google.

Buat sandi

Buat kata sandi/password untuk mengamankan akun Anda agar tidak digunakan orang lain sesuai keinginan.

Ketentuan pihak Google ialah membuat kata sandi dengan minimal delapan karakter yang dicampur, contoh: BeK4S3nPa1.

Saran, jangan membuat kata sandi yang mudah dikenali/diingat kerabat Anda seperti tanggal lahir atau tanggal jadian *eeh, nama idola Anda dan sebagainya.

Konfirmasi sandi Anda

Masukkan kembali kata sandi yang Anda buat tadi. Jika kurang cocok dengan kata sandi sebelumnya, buat kembali secara perlahan.

Tanggal lahir

Masukkan tanggal lahir Anda sesuai data identitas Anda. Dimulai kolom Tahun, Bulan (opsi dari Januari hingga Desember) dan Tanggal.

Gender

Jenis kelamin. Ada empat opsi di dalam kolom Gender, yaitu Pria, Wanita, Lainnya dan Tidak Ingin Memberi Tahu.

Ponsel

Klik bendera untuk memilih kode telepon negara dan masukkan nomor handphone Anda yang masih aktif.

Tujuannya untuk memverifikasi akun Google Anda melalui SMS.

Alamat email Anda saat ini

Masukkan alamat email Anda (jika belum memiliki email, kosongkan saja). Ini efektif juga di saat lupa kata sandi.

Lokasi

Pilih lokasi tempat tinggal Anda saat ini (ada beberapa opsi yang meliputi beberapa negara di dunia).


Memasukkan data untuk pendaftaran akun Google.

5. Jika selesai memasukkan semua kolom pendaftaran, klik Langkah berikutnya.

6. Akan muncul pop up/kotak dialog yang menjelaskan Privasi dan Persyaratan dari pihak Google. Disarankan Anda membaca dan memahaminya terlebih dahulu.

7. Anda harus menyetujui ketentuan dan persyaratan pihak Google dan Anda mengikuti ketentuan dan persyaratan dari pihak Google. Klik Saya Setuju.




Pop up Privasi dan Persyaratan Google.

8. Setelah Anda menyetujui Privasi dan Persyaratan pihak Google, akan diarahkan ke halaman pembuatan email dan akun Akan dapat digunakan.

9. Akan muncul Welcome atau Selamat Datang dari Google, bahwa akun Google Anda berhasil dibuat.


Halaman Welcome dari Google.

10. Klik Lanjutkan untuk verifikasi akun Google Anda melalui nomor handphone Anda yang dimasukkan di form tadi.



11. Gulir ke bawah dan ada kotak Pemeriksaan Keamanan, klik Mulai.



12. Anda akan menemukan nomor handphone dan email lain Anda (isi jika ada, kosongkan jika tidak ada) dan jika akun Google Anda belum diverifikasi, akan muncul pesan pemberitahuan bertulisan merah, "Nomor ponsel belum diverifikasi", selanjutnya klik Verifikasi sekarang.



13. Akan muncul pop up yang menyatakan permintaan kode verifikasi. Google akan memberikan kode verifikasi melalui SMS ke nomor handphone Anda (gratis), klik Dapatkan kode.



14. Tunggu SMS kode verifikasi masuk ke ponsel/smartphone Anda dari pihak Google. Jika sudah didapatkan, masukkan kode dari pihak Google tersebut ke pop up Verifikasi ponsel, kemudian klik Verifikasi.

Jika kode tak kunjung diterima, coba untuk mengklik kembali Dapatkan Kode.


SMS kode verifikasi dari Google.



Mengapa menggunakan nomor handphone Anda? Karena sebagai cara di saat Anda lupa dengan kata sandi akun Google Anda dan verifikasi bahwa akun ini benar-benar milik Anda.

15. Akun Google Anda siap digunakan. Di halaman tersebut, Anda dapat meninjau dan mengedit informasi Anda.


Setelah selesai diverifikasi, akan berubah menjadi tanda centang hijau yang berarti berhasil diverifikasi.

Tambahan

Jika Anda membuat akun Google hanya saat membeli smartphone Android baru Anda, kemungkinan jarang login. Antisipasi lupa terhadap username dan kata sandi Anda, saya sarankan setelah akun Google dibuat, lebih baik dicatat di note smartphone atau secarik kertas lalu disimpan di dompet dan cara lainnya agar suatu saat akun Google Anda dapat digunakan kembali untuk keperluan seperti menggunakan Gmail, Youtube dan sebagainya.

Di saat Anda membeli smartphone Android baru kembali, Anda cukup memasukkan atau login dengan Google Anda yang ada tanpa membuat baru lagi. Apalagi jika Anda menggunakan Google Drive, akan semakin mudah menyinkronkan data/file penting Anda di perangkat mana pun.

Bagaimana Saya Menggunakan Gmail?

Jika Anda langsung menggunakannya sebagai Gmail, buka https://google.com/gmail dan Anda harus memasukkan username dan kata sandi Anda.

Tapi, kini Gmail semakin mudah login tanpa memasukkan username dan kata sandi lagi.


Tampilan Inbox/Kotak Masuk Gmail.

Bagaimana Cara Mengganti Avatar/Foto Profil Akun Google Saya?

1. Klik ikon di ujung kanan atas. Biasanya jika belum mengganti foto profil sama sekali, akan muncul inisial nama kita.


2. Klik ikon foto profil untuk mengubahnya.


3. Klik Unggah foto dari komputer atau cukup menyeret foto yang diinginkan.


4. Tunggu hingga upload selesai. Anda dapat mengatur ukuran foto atau mengedit foto. Klik Tetapkan sebagai foto profil.

Foto profil Anda telah berganti, pergantian hanya sebagian pada produk Google. Namun jangan khawatir, penggantian foto profil membutuhkan proses yang memungkinkan membutuhkan waktu lama.

Foto profil ini akan muncul di semua produk-produk Google seperti Google Plus, Gmail, Youtube dan lainnya.





Penutup

Demikian cara membuat akun baru Google melalui browser PC atau notebook/laptop.

Cara dan foto screenshot di artikel ini diambil terbaru pada Mei 2017. Jika ada perubahan tata cara atau prosedur dan tampilan pembuatan akun Google, akan Saya update di blog ini.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang mampir ke blog Saya.

Terima kasih berkunjung di Blog Beka-Senpai.

ありがとうございます。😄
[Arigatougozaimasu]

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »